Cielo pakai air sus, pasti gokil! Kalau kebanyakan Honda mengadopsi air sus menggunakan sistem silinder udara (air cylinder), Inggar Ari Bowo malah keluar jalur. Doi lebih memilih air sus dengan balon karet (air bag). Alasannya dapat dipahami, sama seperti kebanyakan orang yaitu trauma akibat pemakaian silinder udara yang diklaim sangat keras. Mari kita luruskan pemahaman ini terlebih dulu. Silinder udara unggul karena mudah diaplikasi dalam rongga spakbor yang sempit. Diameternya kecil namun kuat. Aman pula untuk kaki-kaki depan. Kekurangannya, silinder udara yang terkesan solid sering tak mampu menyalurkan udara di dalamnya sewaktu mobil terguncang akibat jalan tak rata. Efeknya, kenyamanan mencapai titik terendah. Itu dulu, pas masa euphoria-nya air sus. Sekarang, Akasia kasih resep jitu! Sebagai informasi, sistem silinder ini punya peranti tambahan. “Namanya accumulator yang fungsinya menjadi wadah penyaluran udara sementara dari silinder, sehingga tekanan dalam silinder berkurang, efeknya tetap empuk kok,” terang Iwan, pentolan Akasia yang memasang sistem suspensi airbag pada Cielo Ari ini. Sebenarnya mekanisme accumulator sudah banyak dipakai pada per belakang aftermarket untuk sepeda motor. Kembali pada Cielo milik Ari. Air sus bersistem balon karet ini mampu disetel turun-naik sesuai kebutuhan. Satu set air sus Universal Air ini terdiri dari empat buah balon karet, kompresor serta tabung udara 3 galon Viair. Jumlah sebesar itu dipakai untuk harian, dan dipilih yang 2 ply atau 2 channel dengan setelan depan-belakang. Siapkan saja dana sekitar Rp 27 juta untuk mendapatkannya. Karena bukan dibuat khusus untuk Honda Cielo, ada ubahan yang menemaninya. Pada kaki-kaki bagian depan, lengan ayun berpindah posisi. Utamanya mengejar bodi yang lebih rebah. Lengan ayun depan dipindah posisinya lebih ke bawah sekitar 20 cm. “Strukturnya mirip Honda S2000, lebih nyaman ketika melewati jalanan bergelombang, dan suspensi bisa lebih ceper lagi,” ujar Iwan. Begitu juga dengan kaki-kaki bagian belakang. Kendala utama adalah ruang spakbor yang sempit. Apalagi ketika balon karet yang tebal mesti masuk ke dalamnya. Sehingga mau tak mau spakbor bagian dalam yang dipapas sekitar 2 cm.
Sumber: Gallery Modifikasi Mobil - IndoForum http://www.indoforum.org/t47885/#ixzz1ouPssVdX
Hak Cipta: www.indoforum.org
1 komentar:
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 13
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 14
[>>>] Modifikasi Mobil Menggunakan Velg Hitec Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Menggunakan Velg ay179
[>>>] Modifikasi Mobil Racing R13X55H8ET15
[>>>] Cara Membaca Velg Ricing
[>>>] Tips Modifikasi Mobil
[>>>] Modifikasi Mobil Terios jadi 4WD
[>>>] Modifikasi Honda Jazz
[>>>] Toko Velg Mobil Time Attack, Tempatnya Jual Velg Bogor
[>>>] Modifikasi Mobil Avanza 2008
[>>>] Modifikasi Honda Civic Wonder
[>>>] Modifikasi Terios
[>>>] Modifikasi Mobil Paling Gila Di Dunia
[>>>] Seputar CIVIC WONDER
[>>>] Tips Mengganti Velg Mobil
[>>>] Cara Memilih Velg Mobil Yang Bagus
[>>>] Mobil Tampil Garang Dengan Velg Racing
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 15
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Ring 16
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 17
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 18
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 19
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 20
[>>>] Modifikasi Mobil Racing Velg Ring 22
Posting Komentar